Cara Alami Mengobati Gangren Akibat Diabetes

Kita ketahui bahwa penyebab gangren sangat beragam dan bervariatif . Penyebab utama gangren tentu karena aliran darah yang terhambat yang disebabkan oleh luka yang terbuka serta akibat infeksi bakteri yang terjadi pada luka . Karena luka yang berdarah dan dibiarkan terbuka serta tidak mendapat pengobatan dan penanganan yang baik akan menyebabkan sebagai tempat ladang bakteri dan menyebabkan bakteri membuat jaringan dan sel mati . Setelah mengetahui penyebab dari gangren , gangren juga terbagi menjadi beberapa jenis gangren gas, gangren kering , gangren basah , gangren internal , gangren fournier , dan gangren meleney . Berbeda jenis tentu saja berbeda pengobatannya disini kita akan menjelaskan lebih detail cara alami mengatasi gangren yang disebabkan oleh penderita diabetes . Gangren biasanya terjadi di bagian tubuh jari , telapak tangan , atau kaki Ini bisa terjadi oleh penderita diabetes mungkin secara tidak langsung salah satu bagian tubuh penderita diabetes tidak sengaja terluka dan berdarah pada bagian kaki kemudian menyebabkan gangren . Dikarenakan pertama  ketika penderita diabetes memang sangat sensitif terhadap luka atau cidera apalagi pada penderita diabetes yang guladarah nya sangat tinggi sehingga ini bisa menghambat aliran darah dan darah tidak lancar menuju keseluruh tubuh dan meningkatkan resiko terkena  gangren . Dilansir dari alodokter cara alami mengobati gangren yang diakibatkan diabetes  : 

  • Sebagai langkah awal adalah 
  1. Membersihkan luka yang ada ditubuh bisa dengan cara berikut agar lebih terhindar dari infeksi yang disebabkan bakteri : pertama , guyur dengan cairan infus atau NaCI , kedua jangan lupa jika masih ada bagian luka yang sulit dibersihkan gunakan kain kassa yang steril dan basahi dengan cairan infus dan terakhir tutup luka dengan menggunakan kassa yang sedikit diberi cairan infus dan hindarilah menutup luka dengan plester karena akan membuat daerah luka menjadi lebih parah.
  2. Jangan melalukan penekanan diarea luka .

Penekanan bisa berdampak buruk bagi luka tersebut karena bisa saja aliran darah makin terhambat dan biasanya karena luka , warna kulit pun berubah kemerahan bahkan menggelap

  1. Jangan lupa lakukan pemeriksaan untuk mengontrol gula darah pada pasien 

SUMBER GAMBAR :blogkesehatandian.com

Hasil gambar untuk GANGREN KARENA DIABETES

Ini untuk menjaga agar darah tidak terhambat dan memastikan  jaringan serta sel dapat mendapatkan nutrisi dan oksigen dari darah agar tidak terkena gangren.

  1. Jangan menggunakan alas kaki yang sempit atau pakaian yang terlalu sempit untuk tubuh.

Menghindari beberapa pergerakan agar tidak terjadi penekanan terhadap luka

  1. Salah satu akibat dari gangren adalah demam , minumlah obat paracetamol untuk meredakannya.
  2. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi . Karena bisa menyebabkan guladarah naik dan meningkatkan resiko terkena gangren 
  3. Menjaga kebersihan diri setelah beraktivitas atau berpergian diluar rumah seperti mencuci tangan dan kaki .
  4. Selalu lakukan pemeriksaan secara mandiri apabila di bagian tubuh yang sering terkena penekanan pada penderita diabetes karena  dapat menimbulkan luka luka penyebab gangren
  5. Jika penderita diabetes tidak mau dirawat dirumah sakit dan lebiih memilih untuk dirawat dirumah . Pastikan bahwa penderita diabetes mandi 2 kali secara teratur menggunakan sabun antiseptik untuk menghindari bakteri penyebab gangren .
  6. Tetapi tetap perlu konsultasikan ke dokter anda karena penyakit gangren yang diderita penderita diabetes perlu diperiksa lebih lanjut jika gangren sudah menyebar ke seluruh tubuh dokter biasanya akan melakukan pembedahan minor yang berguna untuk mengangkat jaringan yang sudah mati (debris) . Tujuan dilakukan pembedahan minor ini agar tidak menghalangi masuknya obat obatan untuk penyembuhan agar sel sel baru bisa beregenerasi kembali .

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*